Teknik Dasar Public Speaking untuk Mahasiswa

  • Share
Teknik Dasar Public Speaking untuk Mahasiswa
sumber : freepik.com

Hallo sahabat MadingKampus, public speaking yaitu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menyampaikan suatu materi dikhalayak umum. Contoh kegiatan public speaking  diantaranya presentasi didepan kelas atau menyampaikan pidato.

Public speaking merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang mahasiswa, karena dengan kemampuan tersebut seorang mahasiswa akan dengan mudah mengikuti tugas-tugas yang berkaitan dengan presentasi dikelas. Bukan hanya itu, kemampuan tersebut juga bisa diterapkan saat seorang mahasiswa aktif dalam sebuah Organisasi Mahasiswa.

Mahasiswa yang memiliki kemampuan public speaking yang baik, dapat dengan mudah bersosialisasi saat terjun langsung ke masyarakat untuk mengamalkan ilmunya yang sudah didapatkan saat duduk dibangku perkuliahan. Karena sejatinya mahasiswa bukan hanya belajar di kampus, melainkan memiliki peran dan fungsi penting dalam masyarakat sebagai agent of change, sebagai penjaga nilai-nilai, sebagai iron stock, sebagai kekuatan moral, serta sebagai pengontrol kehidupan sosial.

Mari kita lihat, teknik dasar public speaking apa saja yang perlu dimiliki oleh mahasiswa. Yuk, mari kita simak penjelasannya !

Baca Juga : Tips Belajar TOEFL Mandiri Untuk Menghasilkan Nilai Terbaik

Dalam public speaking yang pertama harus diperhatikan yaitu Look dan Audio. Agar keduanya tampil menarik ada 4 hal yang perlu diperhatikan !

Percaya Diri

Percaya diri dalam public speaking itu sangat-sangat penting karena ini adalah akarnya. Ketika kamu sudah berhasil menguasai teknik ini maka kamu akan lebih mudah menguasai teknik-teknik yang lainnya. Namun sebaliknya ketika kamu belum berhasil mengusai teknik ini, maka kamu akan kesulitan juga menguasai teknik-teknik yang lain. Maka dari itu, kamu harus tahu dulu apa itu Percaya Diri ?

Percaya diri adalah keyakinan kalian untuk sukses dalam mengerjakan suatu pekerjaan tertentu, dalam hal ini tentunya public speaking.

Artinya, kalian harus yakin bahwa kalian mampu menyampaikan sesuatu dengan baik, jangan minder ataupun pun merasa terintimidasi oleh audience. Jadi kalian harus Percaya Diri dan menganggap kalian oke dan pantas berbicara didepan audience.

Kepercayaan diri bisa meningkat dengan 2 hal :

  • Latihan

Semakin banyak kamu latihan semakin tahu bagaimana yang harus kamu lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri saat tampil didepan umum.

  • Jam Terbang

Ketika jam terbang kamu sudah banyak, kamu akan dengan mudah mengantisipasi hal-hal apa saja yang mungkin terjadi ketika kamu melakukan public speaking.

Teknik Vocal

Apa saja yang harus diperhatikan pada teknik vocal kita, ada 4 hal yang kita perhatikan :

  • Volume

Pastikan audience bisa mendengar suara kalian dengan nyaman. Jika kalian menggunakan microphone, pastikan volumenya jangan terlalu keras dan jangan terlalu kecil juga, harus benar-benar pas dan enak untuk didengarkan.

  • Pacing / Speed

Pacing atau kecepatan kalian berbicara ditentukan 2 hal yaitu bagaimana materinya dan bagaimana audiencenya. Kalau misalkan audiencenya anak muda dan materi yang disampaikan tidak terlalu berat, kamu bisa berbicara lebih cepat agar tidak membosankan. Tapi jika audiencenya orang tua dan materi yang disampaikan cukup berat kamu bisa menyampaikannya lebih santai atau pelan-pelan agar audience bisa menyerap informasi yang kamu sampaikan.

  • Artikulasi

Artikulasi kalian pun harus benar-benar diperhatikan, harus jelas saat melakukan public speaking, kata per katanya harus terdengar jelas.

  • Intonasi

Terakhir jangan lupa berintonasi, kalau nada bicara kalian datar-datar saja, dipastikan audience akan merasa boring dan males untuk mendengarkan kalian berbicara. Tapi yang harus kalian lakukan berbicara dengan energik dan membuat audience merasa semangat.

Ekspresi & Gesture

Selanjutnya hal yang harus diperhatikan yaitu Ekspresi & Gesture saat kalian melakukan public speaking. Kalian bisa berekspresi dengan seluruh komponen yang ada diwajah seperti alis, mata, idung, pipi, dagu dan mulut semuanya bisa dijadikan ekpresi ketika kamu mulai berbicara, intinya saat kamu berbicara jangan terlihat datar dan tanpa ekspresi. Cara berekspresi adalah put more energy ketika kamu berbicara sehingga wajah kamu bisa lebih berekspresi.

Lalu selanjutnya gesture, gesture adalah gerak tubuh atau body language kalian terutama dibagian kepala dan tangan. Ini sering jadi problem, kadang orang bertanya ketika sedang berbicara didepan umum lebih baik diam saja atau harus gerak-gerak tangan dan sebagainya.  Badan kalian tidak boleh tegang saat didepan publik, apalagi tanpa kita sadari badan dan tangan kita gerak sendiri hal itu terjadi karena kita tidak bisa mengontrol gesture. Cara mengontrol gesture agar tidak tegang, ketika kamu sedang tampil didepan, berdiri yang tegak, tidak perlu maju mundur atau bergeser ke kanan ke kiri yang mengganggu audience, jadi put everything in control gerakan tanganmu senatural mungkin jika perlu saja. Awalnya memang akan susah, tapi kalau sudah biasa nanti akan terasa lebih nyaman.

Komunikatif

Teknik terakhir yaitu komunikatif, jadi ketika kita berbicara didepan panggung berfokuslah ke audience, karena mereka yang paling penting ketika kita berbicara. Kenapa terpenting, karena kita harus membuat audience mengerti apa yang kita sampaikan. Bagaimana cara kita berkomunikatif dengan audience, kita bisa mengajukan pertanyaan atau dengan menyapa mereka. Hal tersebut jika dilakukan akan membuat audience merasa diakui dan penting diacara tersebut. Dan kalian juga bisa menambahkan humor, untuk lebih mencairkan suasana dan lebih berkomunikatif dengan audience.

Itulah sahabat MadingKampus, beberapa teknik dasar public speaking yang bisa dilakukan mahasiswa untuk membuat penampilan lebih menarik saat berbicara didepan umum.

Semoga informasi ini bermanfaat dan silahkan bisa dishare ke sahabat yang lain. Tetap semangat dan jangan lupa berdoa disetiap aktivitas yang akan dilakukan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *